Friday, October 10, 2014

Pentingnya Sikap Tanggung Jawab dan Disiplin dalam Diri Mahasiswa oleh Natasha Carolina

Sikap menentukan bagaimana perilaku seorang individu berinteraksi dengan orang lain. Jika kita mempunya sikap yang baik, maka interaksi kita dengan masyarakat bisa lancar dan mendapat respon yang baik pula. Maka dari itu sikap sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bertanggung jawab dan disiplin adalah dua sikap penting yang harus ada dalam diri seorang mahasiswa. Tanpa kedua sikap ini, proses pembentukan mahasiswa menjadi seorang yang intelijen bisa terhambat. Sikap ini sangat penting dan diperlukan khususnya dalam kegiatan sehari-hari mahasiswa seperti kuliah, megerjakan tugas, melakukan kegiatan kelompok dan lain-lain.
Tanggung jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Sikap tanggung jawab dalam diri mahasiswa sudah seharusnya ada. Sikap tanggung jawab adalah sikap yang mempunyai komitmen untuk tidak meninggalkan sesuatu ditengah jalan dan tidak melepas sesuatu  yang merupakan kewajibannya. Rasa tanggung jawab timbul dari kesadaran diri sendiri, bahwa dia mempunyai sesuatu yang tidak dapat ditelantarkan begitu saja. Banya sekali kegiatan mahasiswa yang menyangkut sikap tanggung jawab ini seperti tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, baik itu kelompok atau individu, tanggung jawab dalam menyelesaikan skripsi, tanggung jawab dalam menyelesaikan perkuliahan, dan masih banyak lagi. Untuk itu mahasiswa dituntut dan memang sudah sepatutnya mempuyai sikap tanggung jawab dalam diri sendiri. Tanggung jawab bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksa tanggung jawab itu (Pratasetya, 2014).

Selain sikap bertanggung jawab, ada satu sikap lagi  yang memang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa yaitu sikap disiplin. Secara etimologi disiplin berasal dari bahasa Latin “disibel” yang berarti Pengikut. Seiring dengan perkembangan zaman, kata tersebut mengalami perubahan menjadi “disipline” yang artinya kepatuhan atau yang menyangkut tata tertib. Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. Sikap disiplin sangat mempengaruhi kegiatan perkuliahan dan prestasi dari mahasiswa tersebut. Jika mempunyai sikap disiplin yang dari kesadaran sendiri, kegiatan perkuliahan mahasiswa lancar dan prestasi meningkat. Tidak hanya dalam kehidupan perkuliahan, tapi sikap ini juga diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Berinteraksi dengan orang banyak membutuhkan sikap disiplin dan sikap mempunyai komitmen dalam mengerjakan suatu kewajibannya. Jika tidak disiplin, mahasiswa secara tidak langsung akan dituntut untuk menjadi seorang yang disiplin oleh lingkungan disekitarnya karena tugas-tugas dan kegiatan perkuliahan yang padat merupakan kewajiban dari mahasiswa itu dan bisa berjalan dengan lancar jika dijalani dengan sikap disiplin dan bertanggung jawab.
Oleh karena itu perlu kesadaran diri yang tinggi bagi mahasiswa untuk punya sikap bertanggung jawab dan disiplin demi kelancaran kehidupan sebagai seorang mahasiswa. Tanpa adanya kesadaran dari diri sendiri, kedua sikap tersebut muncul karna adanya paksaan dari pihak luar seperti masyarakat, keluarga, teman, bahkan orangtua. Sikap yang timbul karena paksaan akan berbeda dengan sikap yang timbul karna kesadaran diri sendiri. Sikap tanggung jawab dan disiplin yang timbul karena kesadaran diri sendiri akan terasa lebih ringan untuk dilakukan dan diterapkan sehari-hari dibanding dengan sikap yang timbul karna paksaan dari pihak luar. Oleh karna itu alangkah baiknya bagi kita semua mahasiswa untuk mulai menyadarkan diri akan pentingnya sikap disiplin dan bertanggung jawab demi kebaikan pribdi dan orang banyak.

Sumber:
http://www.academia.edu/6464602/MAKALAH
http://id.wikipedia.org/wiki/Disiplin
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/06/12/mengenal-arti-kata-tanggung-jawab-567952.html

No comments:

Post a Comment